Pages

Wednesday, January 23, 2013

Bulan Maulid Nabi SAW Bulan Berkah dan Kebahagiaan

Amalan dan Doa di hari Kelahiran Nabi saw

Bulan Maulid adalah bulan keberkahan, kebahagiaan, dan kebangkitan. Karena itu tradisi orang-orang tua kita terdahulu, khususnya di pulau Jawa, menunda aktivitas pernikahan, memulai usaha, membangun/merenovasi rumah dari bulan Asyura dan Shafar ke bulan Maulid. Mereka ingin bertabarruk, mengalirkan keberkahan dari bulan kelahiran Rasulullah SAW.


Sebagian riwayat mengatakan Nabi SAW lahir 12 Rabi’ul Awwal, sebagian riwayat yang lain mengatakan 17 Rabi’ul Awwal. Tapi yang terpenting adalah bulan kelahiran Nabi SAW adalah bulan keberkahan, kebahagiaan dan kebangkitan, material dan spiritual.

Dalam pandangan Ahlul bait Nabi saw, Rasulullah SAW lahir saat terbit fajar, hari Jum’at 17 Rabiul Awwal tahun gajah. Malam kelahiran Nabi saw adalah malam yang sangat mulia, dan harinya hari yang sangat mulia.

Amalan utama pada hari Kelahiran Nabi saw
  1. Mandi sunnah.
  2. Puasa. Tentang keutamaan puasa disebutkan dalam suatu riwayat: “Barangsiapa yang berpuasa pada hari ini, Allah mencatat baginya seperti berpuasa satu tahun..”
  3. Membaca doa Ziarah kepada Nabi Nabi saw, doa ziarah khusus di hari kelahiran Nabi SAW, yang dikenal dengan “Ziarah Nabi SAW minal Bu’di”. download di sini
  4. Ziarah kepada Imam Ali bin Abi Thalib (sa), atau membaca doa ziarah kepada Imam Ali bin Abi Thalib (sa) sebagaimana doa ziarah yang dicontohkan oleh Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa).
  5. Melakukan shalat sunnah dua rakaat. Setiap rakaat sesudah Fatihah membaca surat Al-Qadar (10 kali) dan surat Al-Ikhlash (10 kali).
  6. Memuliakan hari ini dan bersedekah, berbuat kebajikan dan membahagiakan orang-orang mukmin, serta berziarah ke kuburan-kuburan suci para kekasih Allah swt.
    (Kitab Mafâtihul Jinân, kunci-kunci surga)


Disponsori oleh:



No comments:

Followers