Pages

Saturday, August 23, 2008

Doa Pilihan di bulan Ramadhan (1): Doa Haji1

Doa ini termasuk doa yang bersifat umum, dibaca setiap bakdah shalat fardhu.

Sebagaimana bulan mulia sebelumnya di bulan Ramadhan juga terdapat doa-doa yang sifatnya umum dan doa-doa khusus. Doa-doa umum artinya doa-doa yang disunnahkan untuk dibaca pada hari-hari dan malam-malam selama di bulan Ramadhan. Doa-doa khusus artinya doa-doa yang dianjurkan untuk dibaca malam-malam tertentu atau hari-hari tertentu di bulan Ramadhan.

Imam Ja’far Ash-Shadiq dan Imam Musa Al-Kazhim berkata (sa): “Hendaknya kamu membaca doa ini di bulan Ramadhan dari awal hingga akhir, setiap bakdah shalat fardhu.”
بسم الله الرحمن الرحيم
اللهم صل على محمد وآل محمد

اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِي حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ فِي عَامِي هَذَا وَفِي كُلِّ عَامٍ مَا اَبْقَيْتَنِي فِي يُسْرٍ مِنْكَ وَعَافِيَةٍ، وَسَعَةِ رِزْقٍ، وَلاَ تُخْلِنِي مِنْ تِلْكَ الْمَوَاقِفِ الْكَرِيْمَةِ، وَالْمَشَاهِدِ الشَّرِيْفَةِ، وَزِيَارَةِ قَبْرِ نَبِيِّكَ صَلَوَاتُكَ عَلَيْهِ وَآلِهِ، وَفِي جَمِيْعِ حَوَائِجِ الدُّنْيَا وَاْلاَخِرَةِ فَكُنْ لِي
اَللَّهُمَّ اِنِّي اَسْاَلُكَ فِيْمَا تَقْضِي وَتُقَدِّرُ مِنَ اْلاَمْرِ الَْمَحْتُومِ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، مِنَ الْقَضَاءِ الَّذِي لاَ يُرَدُّ وَلاَ يُبَدَّلُ، اَنْ تَكْتُبَنِي مِنْ حُجَّاجِ بَيْتِكَ الْحَرَامِ، الْمَبْرُورِ حَجُّهُمْ، الْمَشْكُورِ سَعْيُهُمْ، الْمَغْفُورِ ذُنُوبُهُمْ، الْمُكَفَّرِ عَنْهُمْ سَيِّئَاتُهُمْ، وَاجْعَلْ فِيْمَا تَقْضِي وَتُقَدِّرُ، اَنْ تُطِيْلَ عُمْرِي، وَتُوَسِّعَ عَلَيَّ رِزْقِي، وَتُؤدِّى عَنِّي اَمَانَتِي وَدَيْنِي آمِيْنَ رَبَّ الْعَالَمِيْنَ
Bismillâhir Rahmânir Rahîm
Allâhumma shalli ‘alâ Muhammad wa âli Muhammad

Allâhummarzuqnî hajja baytikal harâmi fî ‘âmi hâdzâ wa fî kulli ‘âmin, mâ abqaytanî fî yusrin minka wa ’âfiyatin wa sa’ati rizqin. Walâ tukhlinî min tilkal mawâqifil karîmah, walmusyâhidilsy syarîfah, wa ziyârati qabri nabiyyika shalawâtuka ‘alayhi wa âlihi, wa fî jamî’i hawâijid dun-ya wal-âkhirati fakunlî.

Allâhumma innî as-aluka fîmâ taqdhî wa tuqaddiru minal amril mahtûmi fî laylatil qadri minal qadhâil ladzî la yuraddu walâ yubaddal, an taktubani min hujjâji baytikal harâm, almabrûri hajjuhum, almasykûri sa’yuhum, almaghfûri dzunûbuhum, almukaffari ‘anhum sayyiâtuhum, waj’al fîmâ taqdhî wa tuqaddiru an tuthîla ‘umrî fî thâ’atika, wa tuwassi’a ‘alayya rizqî, wa tuaddiya ‘annî amânatî wa daynî, âmin yâ Rabbal ‘âlamîn.

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya

Ya Allah, anugerahkan padaku haji ke rumah-Mu yang mulia pada tahun ini dan setiap tahun, selama Kau hidupkan aku dalam kemudahan, keselamatan dan keluasan rizki dari-Mu. Jangan sia-siakan aku dari tempat-tempat yang mulia, pusara-pusara yang agung, dan berziarah ke kubur Nabi-Mu saw Tolonglah aku untuk mencapai semua keperluanku di dunia dan akhirat.

Ya Allah, aku bermohon pada-Mu, catatlah aku dalam ketetapan dan takdir-Mu yang Kau tetapkan pada malam Al-Qadar, ketetapan yang tak tertolakkan dan tergantikan, sebagai orang yang tergolong kepada mereka yang melakukan haji ke rumah-Mu yang mulia, yang terima haji mereka, yang diridhai sa’i mereka, yang diampuni dosa-dosa mereka, yang tertutupi kejelekan-kejelekan mereka. Dan dalam ketetapan dan takdir-Mu itu, panjangkan umurku dalam ketaatan pada-Mu, luaskan rizkiku, tunaikan amanatku dan utangku, amin ya Rabbal ‘Alamin.

Kemudian membaca doa berikut:

يَا عَلِيُّ يَا عَظِيمُ، يَا غَفُورُ يَا رَحِيمُ، اَنْتَ الرَّبُّ الْعَظِيمُ الَّذِي لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيءٌ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ، وَهَذَا شَهْرٌ عَظَّمْتَهُ وَكَرَّمْتَهْ، وَشَرَّفْتَهُ وَفَضَّلْتَهُ عَلَى الشُّهُورِ، وَهُوَ الشَّهْرُ الَّذِي فَرَضْتَ صِيَامَهُ عَلَيَّ، وَهُوَ شَهْرُ رَمَضَانَ، الَّذِي اَنْزَلْتَ فِيْهِ الْقُرْآنَ، هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانَ، وَجَعَلْتَ فِيْهِ لَيْلَةَ الْقَدْرِ، وَجَعَلْتَهَا خَيْراً مِنْ اَلْفِ شَهْرٍ، فَيَا ذَا الْمَنِّ وَلاَ يُمَنُّ عَلَيْكَ، مُنَّ عَلَيَّ بِفَكَاكِ رَقَبَتِي مِنَ النَّارِ فِيْمَنْ تَمُنَّ عَلَيْهِ، وَاَدْخِلْنِى الْجَنَّةَ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرّاحِمينَ
Yâ ‘Aliyyu yâ ‘Azhîmu yâ Ghafûru yâ Rahîm, Antar Rabbul ‘azhîm alladzî laysa kamislihi syay-un, wa Huwas Samî’ul Bashîr, wa hâdzâ syahrun ‘azhzhamtahu wa karramtahu, wa syarraftahu wa fadhdhaltahu ‘alasy syuhûr, wa huwasy syahrul ladzî faradhta shiyâmahu ‘alayya, wa huwa syahru ramadhânal ladzî anzalta fîhil qur-ân, wa hudan linnâsi wa bayyinâtin minal hudâ wal furqân, wa ja’alta fîhi laylatal qadri, wa ja’altahâ khayran min alfi syahr, fa-yâ Dzal manni walâ yumannu ‘alayka, munna ‘alayya bi-fakâki raqabatî minnâri fîman tamunna ‘alayhi, wa-adkhilnil jannata bi-rahmatika yâ Arhamar râhimîn.

Wahai Yang Maha Mulia, wahai Yang Maha Agung, wahai Yang Maha Pengampun, wahai Yang Maha Pengasih. Engkau Tuhan Yang Agung, tiada sekutu bagi-Nya, Dia Maha Mendengar dan Maha Melihat. Bulan ini adalah bulan yang Kau agungkan dan Kau muliakan di atas semua bulan, bulan yang Kau wajibkan padaku berpuasa, bulan Ramadhan yang di dalamnya Kau turunkan Al-Qur’an petunjuk bagi manusia, keterangan dari petunjuk dan penjelasan; di dalamnya Kau turunkan malam Al-Qadar, dan Kau jadikan malam itu lebih baik dari seribu bulan. Untuk itu, wahai Yang Memiliki karunia dan tidak dikaruniai, berikan padaku karunia-Mu keselamatan dari api neraka seperti karunia orang yang telah Kau beri karunia, dan masukkan aku ke surga dengan rahmat-Mu wahai Yang Maha Pengasih dari segala yang mengasihi.
Mafâtihul Jinân: bab 2, pasal 3)

Wassalam
Syamsuri Rifai

Secara detail tentang keutamaan hari-hari Ramadhan berikut amalan dan doa-doanya (dilengkapi bacaan tek latin), juga amalan dan doa2 pilihan harian:
http://islampraktis.wordpress.com

Macam2 shalat sunnah, doa-doa pilihan, dan artikel2 Islami, klik di sini:
http://syamsuri149.wordpress.com
http://shalatdoa.blogspot.com

Tafsir tematik, keutamaan surat2 dan ayat2 Al-Qur’an:
http://tafsirtematis.wordpress.com

Audio shalawat tarhim, doa dan musik2 ruhani (mp3), dilengkapi tek narasi, klik di sini:
http://syamsuri149.multiply.com

Amalan praktis, Adab2 dan doa2 haji dan umroh, klik di sini:
http://almushthafa.blogspot.com

Milis artikel2 Islami, macam2 shalat sunnah, amalan2 praktis dan doa-doa pilihan serta eBooknya, klik di sini:
http://groups.google.com/group/keluarga-bahagia
http://groups.yahoo.com/group/Shalat-Doa

Milis Feng Shui Islami, rahasia huruf dan angka, nama dan kelahiran, rumus2 penting lainnya, dan doa2 khusus, klik di sini:
http://groups.google.co.id/group/feng-shui-islami


No comments:

Followers