Pages

Wednesday, May 21, 2008

Tafsir Al-Mizan Mengupas Rahasia Infak

Infak adalah bagian dari persoalan terbesar yang sangat diperhatikan oleh Islam. Infak termasuk ke dalam rukun Islam. Di dalam infak terdapat hak-hak manusia. Infak menjadi sarana yang wajib dan sunnah untuk memenuhi kebutuhan manusia, melalui: zakat, khumus, kifarat yang bersifat harta, fidyah, infak-infak wajib dan sunnah, dan sedekah sunnah. Juga melalui: wakaf, wasiat, hibah, dan lainnya.

Dengan semua itu diharapkan dapat meningkatkan penghidupan lapisan bawah yang tak mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya tanpa bantuan dari mereka yang berkecupan harta. Hal ini dimaksudkan agar terjalin kedekatan dan hubungan kasih sayang antara lapisan bawah dan lapisan atas. Dari sisi yang lain, agar mereka yang berada di lapisan atas tidak menampakkan kemewahan dan perhiasan yang berlebihan secara umum, dan juga kemewahan yang tak dapat dijangkau oleh tapisan menengah; selain itu agar mereka terhindar dari kehidupan israf dan tabdzir, hidup berlebihan dan mubadzdzir.

Semua itu bertujuan untuk mewujudkan kehidupan manusia yang seimbang, menghidupkan persatuan dan persaudaraan, mematikan pertikaian, mengikis keinginan-keinginan jahat, dan menghilangkan kedengkian. Al-Qur’an memandang bahwa agama yang benar adalah mengatur kehidupan manusia dalam segala persoalannya, memprogram kehidupan manusia agar ia dapat mencapai kebahagiaan dalam jangka pendek dan jangka panjang. Dengan program ini diharapkan manusia dapat mengenal dan melaksanakan makrifat-makrifat yang benar, berakhlak dengan akhlak yang mulia, memiliki penghidupan yang baik sesuai dengan karunia yang Allah anugrahkan di dunia; serta menyelamatkan manusia dari hal-hal yang tidak diinginkan, penyakit-penyakit hati dan kendala-kendala material.

Semua ini tak akan dapat diatasi secara sempurna kecuali dengan penghidupan yang baik, memperbaiki kehidupan lapisan bawah dengan memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup mereka. Tujuan ini juga tak akan tercapai kecuali dengan memaksimal fungsi harta dan kekayaan materi. Caranya mengefektifkan program infak orang-orang kaya, dengan menanamkan keyakinan yang kuat bahwa: semua orang mukmin bersaudara, bumi kepunyaan Allah, dan harta adalah milik-Nya.

Selengkapnya, silahkan klik disini:
http://tafsirtematis.wordpress.com

No comments:

Followers