Pages

Monday, May 26, 2008

Dosa-Dosa besar (Syarah Doa Jawsyan Kabir)

يَا غَافِرَ اْلخَطِيئَاتِ
Wahai Yang Maha Mengampuni semua kesalahan

Ghufran artinya menutupi. Allah swt Maha Mengampuni dan Menutupi semua kesalahan yang syar'i dan kesalahan-kesalahan yang takwini sebagai manifestasi dari keluasan rahmat-Nya.

Kesalahan seperti juga kebaikan terbagi menjadi: Kesalahan secara syariat seperti minum khomer, kesalahan niat dan tekad, menegakkan ketakwaan di atas kemaksiatan; kesalahan organ tubuh dan kesalahan hati. Masing-masing dari dua kesalahan itu ada yang besar dan ada yang kecil.

Para ulama berbeda pendapat dalam hal mengklasifikasi dosa-dosa besar. Dan semua dalil-dalilnya tidak memuaskan hati. Karena itu yang terbaik adalah meninggalkan semua kemaksiatan agar tidak terjerumus ke dalamnya.

Sebagian ulama berpendapat: Dosa besar adalah semua dosa yang ancaman azabnya disebutkan oleh Allah di dalam Al-Qur’an.
Sebagian ulama berpendapat: Dosa besar adalah semua dosa yang sangsinya disiapkan oleh Allah dan azabnya disebutkan secara jelas oleh-Nya.
Sebagian ulama berpendapat: Dosa besar adalah semua maksiat yang jika dilakukan walaupun sedikit dapat mengantarkan pelakunya untuk merusak agama.
Sebagian lagi berpendapat: Dosa besar adalah semua dosa yang keharamannya diketahui berdasarkan dalil yang qath’, pasti.
Sebagian lagi berpendapat: Dosa besar adalah semua dosa yang di dalam Al-Qur’an dan sunnah diancam dengan siksaan yang pedih.

Ibnu Mas'ud berkata: Bacalah dari awal surat An-Nisa' sampai ayat 31: “Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu.” Jadi dosa besar adalah semua dosa yang dilarang di dalam surat ini sampai ayat ini.

Sebagian ulama berpendapat: Semua dosa adalah besar karena melanggar perintah dan menyalahi larangan Allah. Dikatakan kecil atau besar, hanya jika dibandingkan dengan dosa yang di atasnya atau di bawahnya. Contoh “mencium” dikatakan kecil jika dibandingkan dengan “berzina”, dan dikatakan besar jika dibandingkan “memandang” yang disertai syahwat.

Setelah mengutip pendapat-pendapat tersebut Syeikh Ath-Thabrasi mengatakan dalam tafsir Majma'ul Bayan: Sahabat-sahabat kami berpendapat bahwa semua maksiat adalah dosa besar, tetapi ada yang lebih besar dibandingkan dengan maksiat yang lain. Tidak ada dosa kecil, suatu dosa dikatakan kecil jika dibandingkan dengan dosa yang lebih besar, semua pelaku dosa berhak disiksa.

Sebagian ulama berpendapat: Dosa besar ada tujuh:
1) Mensekutukan Allah
2) Membunuhjiwa yang diharamkan oleh Allah
3) Menuduh zina muhshan
4) Makan harta anak yatim
5) Berzina
6) Lari dari medan peperangan
7) Durhaka kepada kedua orang tua
Ini berdasarkan hadis dari Nabi saw.

Sebagian mengatakan ada empat belas:
1) Makan bangkai
2) Makan darah
3) Makan daging babi
4) Makan sembelihan yang tidak disebutkan nama Allah kecuali darurat
5) Maan harta yang haram
6) Berjudi,
7) Makan sesuatu yang najis
8) Mengurangi timbangan
9) Membantu orang-orang yang zalim
10) Menahan hak orang lain tanpa adanya kesulitan
11) Melakukan pemborosan, mubadzdzir
12) Berkhianat
13) Sibuk dengan yang sifatnya permainan
14) Terus-menerus melakukan dosa

Empat belas macam dosa ini berdasarkan hadis dari Imam Ali Ar-Ridha (sa) dalam kitab 'Uyun Al Akhbar.

Tentang pendapat-pendapat ulama tersebut dikutip oleh Syeikh Bahauddin Al-¬Amili. Kemudian ia mengatakan: Apa yang dikatakan oleh Syeikh Ath-Thabrasi bahwa semua dosa adalah dosa besar telah disepakati oleh kalangan ulama mazhab Ahlul bait (sa), hanya ulama belakangan yang berbeda pendapat.

(Disarikan dari kitab Syarah Doa Jawsyan Kabir, Sabzawari)

Wassalam
Syamsuri Rifai

Foto tempat2 bersejarah Islami, Asbabun Nuzul ayat2 pilihan, hadis2 pilihan, amalan Praktis, bermacam2 shalat sunnah, doa-doa pilihan, dan artikel-artikel Islami, klik di sini:
http://syamsuri149.wordpress.com
http://shalatdoa.blogspot.com

Kajian tafsir tematik:
http://tafsirtematis.wordpress.com

Audio musik2 ruhani (mp3), dilengkapi tek syair dan terjemahan, klik di sini:
http://syamsuri149.multiply.com

Amalan praktis, Adab2 dan doa2 pilihan haji dan umroh dilengkapi tek arab, bacaan tek latin dan terjemahan, klik di sini:
http://almushthafa.blogspot.com

Milis artikel2 Islami, macam2 shalat sunnah, amalan2 praktis dan doa-doa pilihan serta eBooknya, klik di sini:
http://groups.google.com/group/keluarga-bahagia
http://groups.yahoo.com/group/Shalat-Doa

Milis Feng Shui Islami, rahasia huruf dan angka, nama dan kelahiran, rumus2 penting lainnya, dan doa2 khusus, klik di sini:
http://groups.google.co.id/group/feng-shui-islami

Download gratis Mobile Magazine, majalah bermacam2 produk Hp dan elektronik, klik di sini : http://www.mobile-indonesia.com
Ingin kerjasama buka cabang di kota atau daerah Anda, hubungi Redaksi: Jl. Tebet Timur Dalam VII E No. 17 Jakarta Selatan 12820. Phone : 62-21-835.2103.

No comments:

Followers