Pages

Sunday, February 24, 2008

Dampak Dosa pada Kondisi Sosial dan Ekonomi

Al-Quran banyak menyebut hukum alam (sunnah kauniyah) yang dikaitkan dengan kelanggengan suatu umat dan kesejahteraan mereka yang dihasilkan oleh perbuatan tangan mereka sendiri, kebaikan maupun kekejian.
Allah swt berfirman:

“Apakah mereka tidak memperhatikan berapa banyaknya generasi-generasi yang telah Kami binasakan sebelum mereka, padahal (generasi itu) telah Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi, yaitu keteguhan yang belum pernah Kami berikan kepadamu. Kami curahkan hujan yang lebat atas mereka dan Kami jadikan sungai-sungai mengalir di bawah mereka, kemudian Kami binasakan mereka karena dosa mereka sendiri, dan Kami ciptakan sesudah mereka generasi yang lain.” (Al-An’am/6:6).

“Sesungguhnya Kami telah membinasakan umat-umat sebelum kamu, ketika mereka berbuat kezaliman, padahal rasul-rasul mereka telah datang kepada mereka dengan membawa keterangan-keterangan yang nyata, tetapi mereka sekali-kali tidak hendak beriman. Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat dosa.” (Yunus/10:13).

“(Keadaan mereka) serupa dengan keadaan Fira'un dan pengikut-pengikutnya serta orang-orang yang sebelumnya. Mereka mendustakan ayat-ayat Tuhannya maka Kami membinasakan mereka disebabkan dosa-dosa mereka...” (Al-Anfal/8:54).
Allah juga menjelaskan tentang kaum Tsamud:

“Lalu mereka mendustakannya dan menyembelih onta itu, maka Tuhan mereka membinasakan mereka disebabkan dosa-dosa mereka, lalu Allah meratakan mereka dengan tanah.” (Asy-Syam/91:14).

Kadang-kadang Al-Quran menyebutkan hukum alam itu secara umum tanpa mengaitkannya dengan kaum tertentu, seperti firman-Nya:

"Jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya menaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadap mereka ketentuan Kami, kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya." (Al-Isra’/17:16).

Ayat-ayat tersebut mengandung suatu pengertian bahwa kehancuran umat-umat terdahulu terjadi setelah tersebarnya kefasikan, kekejian yang dilakukan oleh orang-orang yang hidup mewah, yang lalai dan sia-sia dalam umat tersebut.

Wassalam
Syamsuri Rifai

Amalan Praktis, bermacam2 shalat sunnah dan doa-doa pilihan, dan Artikel-artikel Islami klik di sini:
http://syamsuri149.wordpress.com

Milis artikel2 Islami, macam2 shalat sunnah, amalan2 praktis dan doa-doa pilihan serta eBooknya, klik di sini:
http://groups.google.com/group/keluarga-bahagia
http://groups.yahoo.com/group/Shalat-Doa

Milis FengShui Islami, rahasia huruf dan angka, nama dan kelahiran, rumus2 penting lainnya, dan doa2 khusus, klik di sini :
http://groups.google.co.id/group/feng-shui-islami

Informasi bisnis online dan situs2 pasang iklan gratis, klik di sini :
http://pengusahaonline.com/?id=Syamsuri
http://infor-indo.blogspot.com

Download gratis Mobile Magazine, majalah bermacam2 produk Hp dan elektronik, klik di sini : http://www.mobile-indonesia.com
Ingin kerjasama buka cabang di kota atau daerah Anda, hubungi Redaksi:
Jl. Tebet Timur Dalam VII E No. 17 Jakarta Selatan 12820. Phone : 62-21-835.2103.

No comments:

Followers