Pages

Tuesday, March 9, 2010

Dialog Ilmiah Sekitar Umur Panjang (Seri 1)

Dialog ini terjadi antara DR. Hosyyar dan Prof. DR. Abu Turab Nafisi. Dr. Hosyyar salah seorang dosen terkemuka di suatu perguruan tinggi di Teheran. Sedangkan Prof. Dr. Abu Turab Nafisi seorang guru besar dan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Isfahan.

Dialog ini berawal dari suatu pertemuan di bulan Sya’ban dalam rangka memperingati kelahiran Imam Mahdi (aj). Pertemuan tersebut dihadiri oleh kalangan akademis. Dialog ini berawal dari mempersoalkan umur Imam Mahdi (aj) yang sangat panjang tidak seperti umumnya manusia.

Materi dialog ini diharapkan dapat mempertebal keyakinan bahwa Allah swt Maha Kuasa atas apa yang dikehendaki-Nya, dan soal usaha untuk memperpanjang umur tidak bertentangan dengan ajaran Islam dan penelitian ilmiah. Pada serial yang terakhir akan saya posting tentang usaha untuk memperpanjang umur secara spiritual.

Dialog ini akan saya posting secara serial. Berikut ini dialog seri pertama:

Dr. Hosyyar: Adakah batas umur manusia menurut ilmu kedokteran atau biologi, yang menyebabkan mustahil manusia berumur?

Prof. Dr. Abu Turab Nafisi: Tidak ada batas usia bagi kehidupan manusia yang menyebabkan mustahil manusia berumur panjang. Namun biasanya usia terpanjang berkisar 100 tahun. Menurut catatan sejarah manusia, periode umur ini tidak pernah berubah-ubah.

Namun, rata-rata usia manusia berbeda-beda bergantung pada daerah, iklim, ras, keturunan, serta gaya hidup. Selain itu terdapat variasi usia di setiap zaman dan di setiap periode sejarah. Sebagai perbandingan usia antara periode waktu, dapat dilihat bahwa di abad terakhir terdapat usia yang amat bervariasi. Misalnya, antara tahun 1838 dan 1854 rata-rata usia manusia di Inggris adalah 39,91 tahun untuk laki-laki dan 41,85 tahun untuk wanita. Namun pada tahun 1937, rata-rata naik menjadi 60, 8 dan 64,4 tahun.

Di Amerika Serikat, rata-rata usia laki-laki pada tahun 1901 adalah 48,23 dan perempuan 51,8 tahun. Sebaliknya, pada tahun 1944 rata-ratanya menjadi 63,5 dan 68,95. Kenaikan ini merupakan akibat dari perawatan bayi yang baik yang merupakan hasil dari peningkatan kepengurusan bayi, pengobatan preventif, dan yang lebih khusus lagi adalah imunisasi melawan penyakit menular. Namun, pengobatan yang bertalian dengan penyakit orang tua belum cukup berhasil.

Dr. Hosyyar: Adakah peraturan atau standar umum untuk menentukan panjang usia manusia?

Prof. Dr. Abu Turab Nafisi: Keyakinan umum yang tersebar bahwa ada korelasi langsung antara ukuran badan dan panjangnya usia. Misalnya, binatang yang berusia pendek dengan ngengat dan lalat dibandingkan dengan kura-kura yang bisa hidup selama dua abad. Namun korelasi ini tidak sekonstan yang diperkirakan karena burung beo dan gagak seringkali berusia lebih panjang daripada burung-burung berukuran lebih besar dan bahkan lebih lama daripada mayoritas mamalia. Beberapa ikan, seperti ikan salem hidup seratus tahun, sedangkan kuda tidak lebih dari tujuh puluh tahun.

Sejak zaman Aristoteles, telah ada keyakinan bahwa rentang kehidupan (life span) masing-masing makhluk sebanding dan sebangun dengan waktu yang dibutuhkan untuk tumbuh. Persamaan untuk binatang ini, seperti yang diestimasikan oleh beberapa ilmuwan, adalah 8 kali periode yang dibutuhkan oleh sebuah spesies untuk matang. Sedangkan yang lainnya mencapai 5 kali periode tersebut. Bagi manusia, rentang waktu yang dianggap normal adalah 100 tahun. Opini ini masih dipercayai sampai sekarang. Namun Nabi Daud menganggap rentang waktu 70 tahun merupakan usia yang alamiah.

Di zaman kuno, dipercayai bahwa sebilangan individu hidup lebih dari 100 tahun. Namun identitas dan skala aktual (actual scale) mengenai kehidupan mereka tidaklah seakurat yang diperkirakan. Di antaranya adalah Henry Jenkins yang meninggal pada bulan Desember 1970 di usia 169 tahun; Thomas Parr yang meninggal pada bulan November 1639 di usia 152 tahun; dan Catherine putri Desmond (Countess of Desmond) yang meninggal pada tahun 1604 di usia 140 tahun. (Encyclopedia Britannica, artikel Pertumbuhan dan Perkembangan: bagian yang menyangkut “Usia Tua dan Kerentaan”, hal.428)

Sejumlah nama-nama lainnya terpampang di berbagai jurnal di belahan dunia manapun.

Faktor-faktor Penyebab Umur Panjang, juga doa untuk panjang umur, download di:
http://www.tokoku99.com/product-islami/e-book.html

Amalan dan Doa2 haji & Umroh:
http://almushthafa.blogspot.com

Wassalam
Syamsuri Rifai
http://www.alfusalam.web.id
http://syamsuri149.wordpress.com

Jasa Pembuatan website dan contoh2nya, berikut keuntungannya pesan website pada tim kami sebagai mitra dalam publikasi, dan E-Book Islami:
http://www.tokoku99.com
Personal kontak: Bobby Oksa Wijaya
+62813 993 44990; +6221 997 996 43.

No comments:

Followers