Pages

Saturday, September 27, 2008

Amalan dan doa Malam Idul Fitri

Malam Idul Fitri adalah malam yang mulia, malam pertama bulan Syawal. Di dalam banyak riwayat disebutkan tentang keutamaan ibadah di dalamnya dan menghidukan malam ini.
Amalan dan doa-doa berikut ini saya kutipkan dari kitab Mafâtihul Jinân, kunci-kunci surga. Salah satu kitab kumpulan amalan dan doa-doa dari Rasulullah saw dan Ahlul baitnya (sa). Amalan dan doa di malam Idul Fitri sebagai berikut:

Pertama: Mandi Sunnah ketika matahari terbenam.
Kedua: Menghidupkan malam ‘Id dengan shalat sunnah, doa, dan istighfar.
Ketiga: Membaca doa berikut sesudah shalat Maghrib, Isya’, Subuh, dan sesudah shalat ‘Id:

Allâhu Akbar Allâhu Akbar, Lâ ila illallâh wallâhu Akbar. Al-hamdu lillâhi ‘alâ mâ hadânâ wa lahusy syukru ‘alâ mâ awlaynâ.

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tiada tuhan kecuali Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji milik Allah; Alhamdulillah kami panjatkan puji pada-Nya yang telah menunjuki kami, kami sampaikan rasa syukur pada-Nya yang telah menyayangi kami.

Keempat: Membaca doa berikut ini sesudah shalat Maghrib dan sesudah shalat sunnah nafilah Maghrib:

Yâ Dzal manni wath-thawli, yâ Dzal jûd, yâ Musthafiya Muhammadin wa Nâshirahu, shalli ‘alâ Muhammadin wa âli Muhammad, waghfir-lî kulla dzanbin ahshaytahu, wa huwa ‘indaka fî kitâbin mubîn.

Wahai Yang Memiliki karunia dan anugrah, wahai Yang Memiliki kedermawanan, wahai Yang Memilih Muhammad dan Menolongnya, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan Keluarga Muhammad, dan ampuni seluruh dosaku yang telah Kau hitung, ia ada di sisi-Mu di dalam Kitab yang nyata.

Lebih lengkap amalan dan doa ini, klik disini:



Salam wa Rahmah
Syamsuri Rifai

No comments:

Followers