Pages

Sunday, August 24, 2008

Tradisi Ziarah Kubur Menjelang bulan Ramadhan

Tradisi ini suatu hal yang sangat baik kita pertahankan dan publikasikan. Ziarah kubur dianjurkan di dalam Islam, karena dapat mengingatkan kita pada kematian, menyadarkan kita pada dosa. Selain itu untuk mendoakan orang tua, keluarga, sahabat dan saudara kita yang telah mendahului kita berpulang ke hadirat Allah swt, dan kita semua pasti menyusulnya. Disamping mendoakan mereka di kuburnya, kita dianjurkan mengenang jasa-jasa baik mereka, sampai menangis pun tidak ada larangan. Bahkan menurut Ahlul bait Nabi saw hal itu sangat dianjurkan. Agar kita tidak mudah melupakan jasa-jasa baik mereka.

Dalam hadis-hadis tentang keutamaan bulan Ramadhan disebutkan bahwa di bulan Ramadhan Allah swt membebaskan beribu-ribu hamba-Nya dari beban siksa dan azab kubur. Hal ini juga disebutkan di dalam doa-doa Ramadhan yang bersumber Ahlul bait Nabi saw.

Semoga dengan tradisi ini dan doa-doa kita untuk mereka, mereka digolongkan pada hamba-hamba Allah swt yang dibebaskan dari semua siksa dan azab kubur, dan digolongkan oleh Allah swt pada hamba-hamba-Nya memperoleh kebahagiaan dan derajat yang tinggi di sisi-Nya.

Bagi yang berminat Adab dan doa ziarah kubur, bisa kopi di sisi:
http://shalatdoa.blogspot.com/2008/05/adab-dan-doa-ziarah-kubur.html

Keutamaan Ramadhan, Amalan dan doa-doanya secara detail, klik disini:
http://islampraktis.wordpress.com

Wassalam
Syamsuri Rifai

No comments:

Followers