Pages

Thursday, January 24, 2008

Shalat Ghufaylah

Shalat Ghufaylah adalah salah satu bagian dari shalat hajat. Shalat Ghufaylah dilakukan antara shalat Maghrib dan Isya', sesudah shalat sunnah nafilah Maghrib. Shalat hajat ini dilakukan dua rakaat, dengan niat suatu hajat.

Rakaat pertama: Sesudah Surat Fatihah membaca Surat Al-Anbiya’/21: 87-88, yaitu:

وَذَا النُّوْنِ اِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ. فَاسْتَجَبْنَا لَهُ، وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ، وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِيْنَ.
Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia mengira bahwa Kami tidak kuasa atasnya, maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim. Maka Kami memperkenankan doanya dan menyela-matkannya dari penderitaan. Dan demikianlah Kami menyelamatkan orang-orang yang beriman.

Rakaat kedua: Sesudah Surat Fatihah membaca Surat Al-An’am/6: 59, yaitu:

وَعِنْدَهُ مَفَاتِيْحُ الْغَيْبِ لاَيَعْلَمُهَا اِلاَّ هُوَ، وَيَعْلَمُ مَا فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ، وَمَاتَسْقُطُ مِنْ وَرَقَةٍ اِلاَّ يَعْلَمُهَا وَلاَحَبَّةٍ فِي ظُلُمَاتِ اْلأَرْضِ وَلاَرَطْبٍ وَلاَيَاِبِسٍ إِلاَّ فِي كِتَابٍ مُبِيْنٍ.
Dan pada sisi-Nya kunci-kunci keghaiban; tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia, dan Dia mengetahui apa yang ada di dara-tan dan di lautan; tiada sehelai daunpun yang jatuh kecuali Dia mengetahuinya, dan tidak jatuh sebutir bijipun dalam kegelapan bumi dan tidak ada sesuatu yang basah atau yang kering melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lawh Mahfuzh).

Hajat disampaikan sesudah doa qunut berikut, hajat disampaikan di dalam hati dengan bahasa yang dipahami:

اَللَّهُمَّ اِنِّي اَسْئَلُكَ بِمَفَاتِيْحِ الْغَيْبِ الَّتِي لاَيَعْلَمُهَا اِلاَّ اَنْتَ اَنْ تُصَلِّيَ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِهِ ...
Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan kunci-kunci keghaiban yang tidak ada yang mengetahuinya kecuali Engkau, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya, dan ... (sampaikan hajat Anda kepada Allah, boleh menggunakan bahasa yang Anda pahami).

Kemudian lanjutkan dan sempurnakan shalat ini hingga salam. (Dikutip dari kitab Mafatihul Jinan, kunci-kunci surga).

Bacaan tek latin ayat Al-Qur’an dan doa, bisa dicopi dari milis “Keluarga Bahagia” dan Milis “Shalat-doa” berikut ini.
Wassalam
Syamsuri Rifai

Amalan Praktis dan doa-doa pilihan, kunjungi:
http://shalatdoa.blogspot.com/
http://syamsuri149.wordpress.com/

Milis artikel2 Islami, shalat2 sunnah, amalan2 praktis dan doa-doa pilihan serta eBooknya, klik di sini:
http://groups.google.com/group/keluarga-bahagia
http://groups.yahoo.com/group/Shalat-Doa

Yang berminat shalat hajat yang diajarkan oleh Rasulullah saw khusus utk penyembuhan, dan rumus2 yang lain, juga doa2 yang bersifat khusus, klik di milis :
http://groups.google.co.id/group/feng-shui-islami

Info situs2 periklanan dan bisnis online, klik di sini :
http://infor-indo.blogspot.com/
http://www.pengusahaonline.com/?id=Syamsuri

No comments:

Followers