Pages

Friday, October 26, 2007

Keutamaan dan Amalan malam Jum’at

Sebagian kaum muslimin menganggap bahwa semua hari dan malam itu sama nilainya. Tapi pernyataan ini dibantah oleh pengetahuan mereka sendiri. Buktinya mereka tahu bahwa bulan Ramadhan lebih mulia dari bulan yang lain, malam-malamnya lebih mulia dari malam yang lain.

Kalau mereka dikejar pertanyaan “mengapa Anda bedakan bulan Ramadhan dengan bulan yang lain, dan malamnya dengan malam yang lain?” Mereka menjawab: Saya mengikuti Al-Qur’an dan Sunnah. Demikian juga malam Jum’at lebih mulia dari malam yang lain dan harinya berbeda dengan hari yang lain.

Malam Jum’at adalah sayyidul layali (penghulu malam), malam yang paling utama, harinya hari yang paling utama dari semua hari.

Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya malam Jum’at dan hari Jum’at adalah 24 jam milik Allah Azza wa Jalla. Setiap jamnya ada enam ratus ribu orang yang diselamatkan dari api neraka.”

Ada hadis yang menyatakan bahwa berbuat baik di malam Jum’at, Allah swt akan melipatgandakan pahalanya, sebaliknya berbuat maksiat di malam Jum’at, Allah akan melipatgandakan siksanya, menyiksanya dengan dosa-dosa yang pernah ia lakukan sepanjang umurnya. (Disarikan dari Fafâtihul Jinân, bab 1, pasal 4, hlm 28-38 )

Lebih detail tentang keutamaan ini berikut amalan dan doa-doanya, serta tek arab dan bacaan tek latinnya, kunjungi:
http://groups.google.co.id/group/keluarga-bahagia
Diharapkan Bpk dan Ibu menjadi anggota grup ini. Agar setiap kami memposting Amalan praktis dan doa-doa pilihan juga terkirim ke alamat email Bpk/Ibu. Jangan lupa klik Edit keanggotaan, pilih Email, kemudian klik simpan aturan ini.

*****

No comments:

Followers